BERGERAK DAN BERGERAK

GURU SWASTA JANGAN DIANAK TIRIKAN

Posted on: Januari 27, 2009



http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=48853

Selasa, 27 Januari 2009
PGRI Tuntut Gaji Guru Swasta Naik

JAKARTA – Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) Pengurus Besar PGRI di Banjarmasin yang berlangsung 23-26 Januari menghasilkan beberapa keputusan penting. Keputusan itu, antara lain, tuntutan PGRI agar gaji guru swasta yang mengajar di TK/RA bisa naik. Sebab, saat ini masih banyak guru swasta yang menerima gaji Rp 100 ribu-Rp 150 ribu per bulan.

”Ini kan sangat miris. Mereka menerima gaji ala kadarnya. Bagaimana para guru dituntut bekerja profesional?” cetus Ketua Umum PGRI Sulistyo kepada Jawa Pos. Dia mengatakan, guru swasta yang mengajar di TK dan menjadi anggota PGRI sekitar 450 ribu. Mereka tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI.

Mayoritas mereka mendapat penghasilan yang kurang layak per bulan. Padahal, di luar anggota PGRI masih ada ratusan guru swasta yang mengalami nasib serupa. Karena itu, PGRI meminta agar gaji guru swasta TK minimal sama dengan upah minimum regional (UMR) pendidikan.

”Harus ada penyusunan UMR pendidikan. Paling tidak, gaji guru Rp 1 juta. Saat ini, masih banyak gaji guru yang tidak manusiawi,” terangnya. Dengan gaji Rp 1 juta pun, besarnya penghasilan yang diterima guru sehari sekitar Rp 35 ribu. ”Itu kan masih sama dengan gaji tukang batu,” ujarnya. Untuk itu, pemerintah harus segera menerbitkan peraturan UMR pendidikan.

PGRI mendesak, mulai Mei 2009, tidak ada lagi guru yang mendapat gaji kecil. ”Karena hal itu sama saja dengan mengeksploitasi tenaga pendidik,” ujarnya. Apalagi, saat ini jumlah TK di seluruh Indonesia amat banyak. Hampir di tiap desa didirikan TK. Pengajarnya dari berbagai latar pendidikan.(kit/oki)

========================================
http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/01/20/1/184644/menghadap-sby-pgri-usulkan-umk-guru-honorer

Menghadap SBY, PGRI Usulkan UMK Guru Honorer
Selasa, 20 Januari 2009 – 16:05 wib
Amirul Hasan – Okezone

JAKARTA – Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memanfaatkan kesempatan bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk berkeluh kesah tentang kesejahteraan guru yang masih di bawah standar hidup layak.

Mereka mengusulkan kepada presiden agar ada standar upah minimum bagi guru honorer, guru wiyata bakti, dan guru tidak tetap.

“Karena ternyata masih banyak guru berpenghasilan di bawah Rp100 ribu per bulan,” ujar Ketua Umum PGRI Sulistiyo usai diterima Presiden SBY di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, Selasa (20/1/2009).

Langkah pertama untuk merealisasikan penetapan standar upah minimum guru adalah dengan menyusun payung hukum guna memastikan kesejahteraan para pahlawan tanpa tanda jasa terjamin.

“Apabila mereka tidak mungkin diangkat sebagai PNS, setidaknya perlu penetapan upah minimal pendidikan bagi guru, termasuk guru swasta,” tambah Sulistiyo.

Upah minimum yang dimaksud, tentu saja berbeda dengan upah minimum regional bagi buruh. Ia mengusulkan untuk guru honorer yang berpendidikan Strata 1 bisa mendapatkan gaji Rp2 juta per bulan.

“Menurut hemat saya karena pendidikan itu adalah tugas khusus, maka upahnya minimal Rp2 juta. Tentu ada kriterianya yaitu mereka yang bekerja selama enam hari dalam seminggu,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan keberadaan guru honorer memang masih sangat dibutuhkan kerana untuk mengangkat dan mendapatkan guru PNS membutuhkan waktu lama dan rumit.

“Karena mengangkat guru sebagai PNS itu bukan kewenangan Depdiknas melainkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN),” ujarnya.

Terkait hal ini, Mendiknas mengaku telah meminta kepada Menpan untuk memberikan kemudahan dalam pengangkatan guru honorer menjadi PNS. Begitu pula dengan aturan mengenai kesejahteraan guru honorer.
(full)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Colors and shadow - Farbe und Schatten (Uli)

The Pearl

Passing through    [Explore 07-12-2016 !!]

Lebih Banyak Foto
Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Komentar Terbaru

novianto di CAPRES PRO UN
Kreatif Web di Guru Makin Sejahtera Animo Jad…
Siwa di GAJI GURU PNS
Anonymous di GAJI GURU PNS
yd.i di GAJI GURU PNS

Blog Stats

  • 40,175 hits
%d blogger menyukai ini: