BERGERAK DAN BERGERAK

BEASISWA TURKI

Posted on: Januari 25, 2009


http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NTc2OTE=

24 Januari 2009 17:37 WIB
Turki Tingkatkan Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia
YOGYAKARTA–MI: Menteri Pendidikan Republik Turki Husyin Celik mengatakan, pemerintah Turki mulai 2009 meningkatkan pemberian beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang menempuh jenjang pendidikan S2 dan S3 sampai 300%.

“Jika pada tahun sebelumnya hanya lima mahasiswa Indonesia yang diberi beasiswa untuk belajar di Turki, namun mulai 2009 ditingkatkan menjadi 20 mahasiswa per tahun,” katanya pada pertemuan dengan Wakil Gubernur (Wagub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam IX di Gedung Pare Anom Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Sabtu (24/1).

Pada pertemuan tersebut Menteri Pendidikan Republik Turki Husyin Celik didampingi Dubes Turki untuk Indonesia Aydin Evirgen, sedangkan Wagub DIY Paku Alam IX didampingi Kepala Dinas Pendiidkan DIY Soewarsih Madya, Kepala Dinas Pariwisata Tazbir, dan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Nur Syahrir Rahardjo.

Husyin mengatakan, kunjungan ke Yogyakarta dalam rangka menindaklanjuti kerja sama bidang pendidikan yang telah ditandatangani dengan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang
Sudbyo di Jakarta, Kamis (22/1), sekaligus mempererat persahabatan kedua negara.

“Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pendidikan sangat ideal untuk meningkatkan kerjasama mengingat Turki telah membantu beasiswa bagi mahasiswa yang mau belajar di Yogyakarta maupun sebaliknya. Apalagi misi pendidikan antara Turki dengan Yogyakarta ada kesamaan,”
katanya.

Menanggapi hal itu, Paku Alam IX menyambut baik kerja sama bidang pendidikan antara Yogyakarta dengan Turki sehingga hubungan yang telah terjalin selama ini dapat lebih erat lagi. Apalagi, Yogyakarta sebagai kota pendidikan terkemuka banyak terdapat perguruan tinggi
Islam, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Sementara itu, Suwarsih Madya usai pertemuan mengatakan, Menteri Pendidikan Republik Turki berada di Indonesia telah tiga hari. Kegiatannya diawali dengan penandatanganan naskah kerja sama dengan Mendiknas Bambang Sudibyo di Jakarta.

Kerja sama yang ditandatangani antara lain pengembangan pendidikan di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi. Setelah adanya naskah kerja sama itu akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan secara teknis mengenai bagaimana dan apa yang akan dilakukan secara konkrit.

Mengenai kunjungan ke Yogyakarta, Menteri Pendidikan Republik Turki tertarik dengan kultur masyarakat yang sebagian besar beragama Islam hampir sama dengan Turki.

“Kultur masyarakat Yogyakarta yang mayoritas Islam sama dengan Turki, yakni cinta perdamaian dan memiliki kesamaan visi membangun manusia dalam kehidupan yang lebih baik dan berkualitas,” katanya. (Ant/OL-01)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Iceland

Fog Over Polychrome

Frosty fence

Lebih Banyak Foto
Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Komentar Terbaru

novianto di CAPRES PRO UN
Kreatif Web di Guru Makin Sejahtera Animo Jad…
Siwa di GAJI GURU PNS
Anonymous di GAJI GURU PNS
yd.i di GAJI GURU PNS

Blog Stats

  • 40,132 hits
%d blogger menyukai ini: