BERGERAK DAN BERGERAK

Liburan 2007

Posted on: Oktober 27, 2007


Liburan tahun ini rada-rada unik… seperti biasanya kalau pulkam lebaran ke Jawa -ehm…pulang kota sebenarnya- banyak yang mesti dikunjungi. Tahun ini lebih “heboh” dan bener-bener “perjalanan wisata”…asyik tapi capek dan “menyita” simpanan :))

Rencana awal, ambil cuti 2007 (setengah dipaksa perusahaan,…emang gak niat) berangkat hari ke-2 lebaran via Pekanbaru. Mendadak dikontak Palembang dan dibilang mau dijemput, akhirnya 11 Oktober pagi sudah jalan via Jalur Lintas Timur (Jalintim) Sumatera nyaris 11 jam Rengat-Jambi-Palembang…cukup melelahkan… F1, F2 dan F3 mabok mulai masuk perbatasan Jambi soalnya jalan kelak kelok…

Kesan terekam selama perjalanan darat, hutan Sumatera sudah habis…yang ada tinggal semak belukar dan kebun sawit di sepanjang perjalanan. Terus jalan dari Rengat (Riau) ke perbatasan Jambi sempit dan berlubang..”lebih banyak lubang dibanding jalannya” :)). Masuk ke Jambi jalan oke walaupun berkelok…kelihatan ada “kehidupan” jalan dirawat dan dijaga. Masuk ke Sumsel -kesan di perbatasan- sedikit lebih baik dari Jambi. Secara keseluruhan sudah “OK” jalan tahun ini dibanding sebelumnya..biasa Rengat-Jambi 6 jam kemarin 5 jam itupun banyak stop karena anak2 mabok perjalanan.. Jambi-Palembang biasanya 8-10 Jam bisa ditempuh 5 jam…Kalau skor 1-10, jalan Riau 5 (merah), Jambi 7 Sumsel 7.5 :)) Padahal kekayaan Riau tidak kalah dengan yang lain..belum dibanding dengan Sumbar dan Sumut. Pada kemana uang Riau? Au ah lap…

Di Palembang, dari 11 sd 14 Oktober…kegiatan didominasi kunjungan ke Mall. Emang itu “tempat wisata” yang ada di 3 propinsi Sumbagsel…miskin daerah wisata…walaupun tengah malam sempet nganter anak2 jalan bareng datuknya ke tepian sungai Musi di depan Benteng Kuto Besak dekat Ampera….”wajah” kota Palembang sudah jauh berubah setelah ada PON “gak terlalu menyeramkan”…beberapa tahun lalu di atas jam 22.00 WIB dilarang gentayangan di luar rumah kalau tidak mau ketemu masalah…kemarin nyaris jam 24.00 WIB masih nongkrong bawa 3 anak balita di dekat Ampera yang katanya dulu daerah copet :))

12 Oktober (telat sehari)..neneknya anak-2 beli kue ulang tahun buat F2 (nadia) yang kemarin genap berusia 4 tahun. Gak terasa!

Lebaran “ikut” yang hari sabtu, berdua dengan adik ipar yang bungsu cari tempat Shalat Id dapat di depan masjid Agung yang megah itu. Susah payah juga “penuh dan campur aduk” katanya ada Syahrial Usman (Sumsel 1) di dalam masjid… Cuma sangat kecewa dan rada-rada unik, baru aja khotib naik mimbar…jamaah satu-satu berdiri salam-salaman, ketawa-ketiwi dan bergerak “pulang”, yang duduk disekitar kami paling2 15 orang malah shaf saya tinggal 4 orang. Yang lain lalu lalang, dengan koran bekas berserakan. Menjelang khotbah ke-2 motor dan angkot mulai lalu lalang, dan saat doa juga lebih parah walaupun “lucunya” banyak yang sambil jalan sambil menengadahkan tangan. Shalat Id yang aneh… :((

Pulang Ied, setelah sungkeman di rumah -kurang lengkap karena keluarga lain gak ada- ikut datuknya anak2 silaturahim ke Griya Agung, Parlemen 1, Sumsel-2 & Sekda -rame juga kalo rumah2 pejabat- dan dengan cuexnya pake batik PKS -termasuk jilbab istri juga pake logo PKS- lagian di Pilkada 2008 PKS Sumsel dukung sang incumbent.. :)) padahal datuk & neneknya anak2 biasanya protes kalo kami keseringan pake atribut -bahkan di rumah sekalipun- “bajunya ko PKS terus”.. Kaos, batik sampai Koko…dan jaket. Kemarin diam aja, sekarang commentnya tentang orang PKS “lebih positif” dibanding tahun2 dulu…maklum mereka termasuk orang lama di “beringin”. Sorenya keliling ke rumah2 keluarga besar istri yang ada di Palembang (generasi nenek dan datuk) -hujan lebat padahal- dan ditutup dengan kunjungan ke Mall -lagi2- ternyata hari lebaran bisnis mereka tetap jalan. Sore potong kue ultah nadia.

14 Oktober -lebaran hari ke-2- terbang ke Bandung via Jakarta dengan LION Air.

Hari-hari selanjutnya, perjalanan wisata dilanjutkan:
Di Bandung: BSM, Factory outlet, Bakso Malang Cipaganti, Kebun Binatang, Jalan Ganesha, Brownies Amanda, Taman Lalu Lintas, Argo Gede.

Di Jakarta: Keliling naik busway, Ancol, Sea world

Bogor : Baranang Siang, Kampus Darmaga, Villa Merah

Bekasi : Narogong

Pekanbaru-Rengat

Liburan yang “lengkap” dan “bersih”, lengkap tempatnya bersih tabungannya :))
Sayangnya gak bisa mampir ke Sumedang dan Cilamaya.

1 Response to "Liburan 2007"

Bang, Riau itu adalah pemilik Jalan Lintas Sumatra yang paling banyak di antara provinsi2 lainnya (di luar Sumsel) … Perbaikan Jalan itu sebenarnya tanggung jawab pemerintah pusat. Soalnya itu kan Jalan Nasional. Di Sumsel ama Lampung dana perbaikannya itu udah turun dari 2005 yang lalu. Untuk Riau, keliatannya masih dipending … Jalur Riau itu sebagian sudah di UPGRADE pake APBD sendiri loh … contoh: Pekanbaru – Dumai, Pekanbaru – Bangkinang, Pekanbaru – Siak, Pekanbaru – Kerinci… sejauh ini masih jalur2 sibuk saja yang di UPGRADE . karena Riau itu cenderung sibuknya di dalam Riau sendiri ketimbang trafik keluar provinsi (kecuali ke Sumbar dan Sumut) … Kalau ke Sumut lewat Lintas Tengah jalurnya lumayan mulus loh😀

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Flickr Photos

Xmas-time

Waiting in light

Arbres et brouillard

Lebih Banyak Foto
Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Komentar Terbaru

novianto di CAPRES PRO UN
Kreatif Web di Guru Makin Sejahtera Animo Jad…
Siwa di GAJI GURU PNS
Anonymous di GAJI GURU PNS
yd.i di GAJI GURU PNS

Blog Stats

  • 40,202 hits
%d blogger menyukai ini: